Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, Uskup Pangkalpinang,  pada  hari  Minggu, 23 Januari 2022,  berkenan menahbiskan enam frater dari Kongregasi SS.CC Provinsi Indonesia menjadi diakon.  Pentahbisan diakonat ini   dilaksanan di Gereja Katolik Santo Damian – Bengkong – Batam.  Dalam penahbisan enam diakon ini, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, didampingi  oleh Romo Thomas Sukotriraharjo, SS.CC, Mewakili Pemimpin Kongregasi SS.CC di Roma, dan Romo Pankras Olak Kraeng, SS.CC, Pemimpin Kongregasi SS.CC Provinsi Indonesia.   Upacara penahbisan diakonat  ini juga dihadiri oleh para Imam SS.CC, para imam yang berkarya di Pulau Batam dan sekitarnya, para suster, dan umat.

Keenam anggota Kongregasi SS.CC yang ditahbiskan menjadi diakon tersebut adalah Diakon Mathias Meru Ujan, SS.CC, Diakon Kornelius Paulus Bala Koten, SS.CC,  Diakon Karolus Kepolok Huar, SS.CC, Diakon  Fenantius Junaedi, SS.CC, Diakon F.X. Martana, SS.CC, Diakon Abel  Nelo Blikon, SS.CC.

Dalam homilinya, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, menyampaikan tentang tugas diakon. Tugas diakon adalah melayani. Diakon melayani orang yang paling lemah, yang tersingkirkan,  dan memberikan penghormatan kepada orang-orang yang sudah tidak mendapatkan penghormatan. Dalam melayani, para diakon hendaknya memiliki kerendahan hati.

Setelah menyampaikan homili, Mgr. Adrianus  Sunarko, OFM, menahbiskan keenam anggota SSCC, menjadi diakon. Inti dari upacara penahbisan diakon ini adalah doa tahbisan, penumpangan tangan, pengenaan  dalmatik (Pakaian Liturgis Para Diakon), dan penyerahan Kitab Suci.

Upacara penahbisan para diakon ini ditutup dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Diakon Abel  Nelo Blikon, SS.CC yang mewakili  rekan-rekan diakon baru.  Diakon Abel mengucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung  terlaksananya upacara penahbisan diakonat ini. Sambutan kedua disampaikan oleh Romo Pankrasius Olak Kraeng, SSCC, Provinsial Kongregasi SS.CC Provinsi Indonesia. Romo Pankrasius Olak Kraeng, SSCC, mengucapkan terimakasih kepada Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, yang telah berkenan  menahbiskan keenam anggota SS.CC untuk menjadi diakon.  Sebelum menutup sambutannya, Romo Pankrasius Olak Kraeng, SSCC mengumumkan penempatan tugas para diakon baru ini.

Salam Hati Kudus Yesus dan Maria

Romo Felix Supranto, SS.CC/

Media Kongregasi SS.CC Provinsi Indonesia