Oleh: Thomas Sukotriraharjo
Pada hari Minggu ini, kita Gereja merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus Yang Mahakudus atau dikenal juga dengan sebutan Hari Raya Corpus Christi. Dalam Bacaan Injil hari ini, Luk 9:11b-17 dikisahkan tentang Yesus memberi makan lima ribu orang. Pemberian makan lima ribu oleh Yesus ini menunjuk kepada super-berkelimpahan dari Perjamuan Tuhan atau Ekaristi. Dalam Perjanjian Lama roti dan anggur dipersembahkan sebagai korban ucapan syukur kepada Sang Pencipta yang membuat bumi berbuah untuk memelihara dan memperkuat semua makhluk-Nya. Melkisedek adalah tokoh Perjanjian Lama yang penting karena ia adalah seorang imam dan raja yang mempersembahkan korban roti dan anggur kepada Allah atas nama Abraham dan keturunannya di masa depan (Kej 14:18; Ibr 7: 1-4). Persembahannya mendahului persembahan yang dibuat oleh Yesus, imam besar dan raja kita yang memberi makna baru dan khas pada berkat roti dan cawan anggur ketika Dia melembagakan “Perjamuan Tuhan” atau “Ekaristi” pada malam hari pengorbanan di kayu salib (Ibr 7:26; 9:11; 10:12).
Pada perjamuan makan malam terakhir Yesus, setelah Ia menuangkan anggur dalam cawan memberi berkat terakhir dan mengucapkan syukur kepada Bapa-Nya di sorga, Ia memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata, “Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa “(Mat 26: 27-28). Yesus melakukan ini sebagai peringatan kematian-Nya, yang akan terjadi pada hari berikutnya di salib Kalvari, dan kebangkitan-Nya yang terjadi pada hari ketiga – pada Paskah pagi. Penumpahan darah Yesus di kayu salib menggenapi sekali dan untuk semua pengorbanan perjanjian lama dari domba paskah pada waktu Paskah (Ibr 10: 11-14; 1 Kor 5: 7: 1 Pet 1: 18-19). Itulah sebabnya Yohanes Pembaptis secara nubuat menyebut Yesus “Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia” (Yoh 1:29). Yesus menjadikan diri-Nya sebagai persembahan dan pengorbanan, suatu karunia sempurna yang benar-benar menyenangkan bagi Bapa di sorga. Dia “mempersembahkan diri tanpa cacat kepada Allah” (Ibr 9:14) dan “memberikan diri-Nya sebagai korban bagi Allah” (Ef 5: 2). Yesus menegakkan Perjamuan dan Ekaristi Tuhan sebagai peringatan kematian dan kebangkitan-Nya dan Ia memerintahkan murid-murid-Nya untuk merayakannya sampai kedatangan-Nya kembali dalam kemuliaan. “Makanan yang membuat kita hidup selamanya di dalam Yesus Kristus”. Ketika kita menerima dari meja Tuhan kita mempersatukan diri kita dengan Yesus Kristus, yang membuat kita lebih banyak dalam tubuh dan darah-Nya. Santo Ignatius dari Antiokhia (35-107 A.D.) menyebutnya “satu roti yang menyediakan obat keabadian, penangkal kematian, dan makanan yang membuat kita hidup selamanya dalam Yesus Kristus” (Ad Eph. 20,2). Makanan supernatural ini adalah penyembuhan bagi tubuh dan jiwa dan kekuatan untuk perjalanan kita ke sorga.
Ketika Anda mendekati Meja Tuhan, apa yang Anda harapkan untuk terima? Penyembuhan, pengampunan, penghiburan, dan istirahat untuk jiwa Anda? Tuhan memiliki lebih banyak untuk kita, lebih dari yang dapat kita bayangkan atau harapkan. Buah utama dari menerima Ekaristi (komuni kudus) adalah persatuan yang intim dengan Kristus. Karena makanan memulihkan kekuatan tubuh yang hilang, maka Ekaristi menguatkan kita dalam kasih amal dan memungkinkan kita untuk memutuskan dengan segala bentuk keterikatan yang tidak teratur pada makhluk-makhluk dan untuk menjadi lebih kuat berakar dalam kasih Kristus. Apakah Anda lapar akan “roti kehidupan”? Semoga! “Tuhan Yesus, Engkau memelihara dan menopang kami dengan kehadiran dan hidup-Mu sendiri. Engkau adalah” Roti Kehidupan “dan” Cawan Keselamatan “. Semoga kami selalu lapar akan Engkau dan puas hanya karena Engkau. Amin.” Selamat Hari Raya Corpus Christi. Berkah Dalem.