Tepat pada hari ini, 14 Agustus 2024, 100 tahun yang lalu ke 5 Konfrater Kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria (SSCC) tiba di Muntok, Bangka dari Belanda. Mereka adalah Pater Theodosius Herkenrath, SSCC [Prefektur Apostolik Bangka Bilitung], Pater Isfried Maijer, SSCC, Pater Marcellinus van Soest, SSCC, Bruder Gerard Jeanson, SSCC dan Bruder Antonius Bruijns, SSCC.

Untuk mengenang kembali ke 5 konfrater ini, maka dengan inisiatif, Pater Provinsial SSCC Indonesia, Pater Pankras Olak Kraeng SSCC, Pater Ekonom – Pater Alex Dato, Pater Baltasar Mili SSCC (Bakal Calon Pastor Paroki Santa Maria Bintang Laut Toboali), Pater Siprianus Smakur Tukan SSCC (bakal paroki Santo Stefanus Tanah Siang Selatan – Keuskupan Palangka Raya) bersama Rombongan, berangkat dari Toboali (Bangka Selatan) menuju Muntok-Bangka Barat sekitar 269 KM – sekitar 5 jam ditempu dgn Mobil. Rombongan terdiri dari 5 anak yang berperan sebagai 5 Konfrater yang datang pertama di Muntok, anak2 didampingi guru pendamping, beberapa umat dari Toboali,

Suster PRR dan para suster KKS. Seremoni singkat dilakukan dipantai dikala para Misionaris awal datang. Seremoni sederhana ini dilaksanakan pkl.10.45 WIB, berjalan Hikmat, lancar namun membawa haru, semangat tuk mengenang semangat Misionaris yang menyala-nyala, sebagai anak-anak Salib dengan semangat Zelotisme. Semangat misi ini semoga sampai juga di dalam hidup para anggota SSCC Indonesia.

Sesudah seremoni singkat lalu rombongan kembali ke Gereja Katolik Paroki Santa Perawan Maria Pelindung Para Pelaut Muntok untuk menyatukan semua itu dalam perayaan Ekaristi pkl 11.30 WIB di halaman Gua Maria Santa Perawan Maria Pelindung Para Pelaut Muntok yang di pimpin oleh Pater Provinsial SSCC Indonesia: Pater Pankras Olak Kraeng SSCC, secara Konselebran dgn Pastor Kepala Paroki Muntok : Pastor Marco, Pastor Vikaris: Pastor Raymond, Pater Alex Dato SSCC, dan Pater Baltasar Mili SSCC. Dalam Homilinya Pater Provinsial menekankan semangat para misionaris yg juga hari ini dikenang bersama seluruh gereja merayakan Martir Santo Maximilianus Maria Kolbe dengan tiga T yaitu: Thank You, Talita dan Trust. Ajakan Pater Provinsial bagi kita semua untuk meneruskan semangat misionaris dalam hidup dan karya kita masing-masing.

Pastor Paroki menyampaikan terima kasih untuk semua yang hadir dan dilanjutkan dengan foto2 dan ramah tamah. Acara yang sungguh menguatkan. Sederhana namun menguatkan, agar kisah sejarah bisa nenjadi buah tutur dimasa mendatang.

Tuhan memberkati

Romo Siprianus, SS.CC