Setelah menempuh berbagai jenjang formasi dan menjalani pelayanan sebagai diakon, tiga diakon dari Kongregasi SS.CC Provinsi Indonesia resmi ditahbiskan menjadi imam oleh Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, di Gereja Santa Odilia, Citra Raya, Tangerang, pada hari Senin 12 Agustus 2024. Ketiga diakon yang ditahbiskan adalah Stefanus Agung Nugraha, Yosafat Koleq Liarian, dan Firminus Hoga Botan. Dalam upacara tahbisan ini, Ignatius Kardinal Suharyo didampingi oleh Romo Pankras Olak Kraeng, SS.CC, Provinsial Kongregasi SS.CC.

Pentahbisan ini menjadi puncak perayaan 100 tahun kehadiran Kongregasi SS.CC (Kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria) di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa. Dalam kesempatan ini, Ignatius Kardinal Suharyo menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada Kongregasi SS.CC atas pelayanannya yang diyakini akan menghasilkan buah yang berlimpah.

Acara pentahbisan dimulai dengan penyambutan para calon imam baru oleh para pastor dari Paroki Santa Odilia, Citra Raya, dengan pengalungan selendang Baduy. Pengenaan selendang ini melambangkan kehadiran mereka dalam komunitas pelayanan sebagai imam dengan kedisiplinan, kesopanan, dan kesantunan. Mereka kemudian menuju sakristi dengan iringan tarian tortor yang dibawakan oleh para suster dari Kongregasi SFD. Tarian ini melambangkan harapan, doa, dan perlindungan dari umat.

Upacara pentahbisan diawali dengan perarakan para imam yang mengenakan ikat kepala khas Baduy yang disebut lomar. Ikat kepala ini melambangkan bahwa para imam telah terikat kepada Tuhan dan umat-Nya, sehingga mereka harus menjaga persatuan dalam panggilan yang sama.

Dalam homilinya, Bapak Kardinal berharap agar para imam baru dapat menghayati imamat mereka dengan sukacita sehingga dapat bertumbuh dalam kasih yang sempurna.

Misa ditutup dengan pengumuman tugas bagi para imam baru oleh Romo Pankras Olak Kraeng. Mereka ditugaskan di pelbagai tempat. Romo Agung Nugraha, SS.CC di Paroki Ang Muling Pagkabuhay Ng Ating Panginoon, Bagong Silang, Manila; Romo Firminus Hoga Botan, SS.CC di Calon Paroki St. Stefanus Tanah Siang Selatan, Keuskupan Palangkaraya; dan Romo Yosafat Kaleq Liarian, SS.CC di Paroki St. Damian Saibi Muara – Mentawai – Keuskupan Padang.

Pentahbisan imam ini semakin menarik dengan kehadiran para pimpinan TNI – Polri, dan Tokoh Agama – Tokoh Masyarakat.

 

Tuhan Memberkati

Romo Felix Supranto, SS.CC