Suatu catatan sederhana atas refleksi Perluasan Makna (extended meaning) dari Family Spirit SSCC

“Yang Bukan Saudaramu dalam Iman Adalah Saudaramu Dalam Kemanusiaan. Yang Bukan Saudaramu Dalam Kemanusiaan Adalah Saudaramu Dalam Ciptaan”.

Family Spirit yang menjadi salah satu karisma unggulan Kongregasi SSCC dalam arti tertentu mampu menjadi sumbangan untuk menanggapi permasalahan publik . Beberapa persoalan publik, seperti diskriminasi Iman Dan tradisi kepercayaan, serta persoalan lingkungan hidup bisa menjadi target penghayatan dan praktik family spirit.
Varian lain dari semangat “Pembaharuan” dalam konteks global saat ini adalah memperluas cakupan makna dari family spirit itu sendiri. Sebagai suatu terobosan, barangkali bukan suatu yang berlebihan jika family spirit ini mendapatkan perluasan makna (extended meaning), yakni bergerak dari etis-kemanusiaan menuju etis-kosmik. Bergerak dari penghayatan dan praktik terhadap Kemanusiaan yakni kepada sesama manusia tanpa membeda-bedakan Iman dan keyakinannya, menuju penghayatan dan praktik terhadap semesta, yakni kepada seluruh ciptaan sebab manusia hanyalah salah satu dari bentuk ciptaan Yang Esa. Jika family spirit ditempatkan dalam perluasan makna ini, maka karisma kongregasi ini bisa menjadi salah satu opsi tambahan sebagai sumbangan dari kongregasi untuk global. Ini mungkin tampak berlebihan (lebay), namun di sisi lain kita juga berusaha untuk “mendaratkan” semangat persaudaraan ini dengan tindakan yang kecil dan sederhana namun didasari oleh pola pikir yang besar dan luas (Think globally, Do locally).

Dengan semangat ini, perluasan makna dari family spirit bisa jadi terumuskan dalam kalimat ini, “Yang Bukan Saudaramu Dalam Iman Adalah Saudaramu Dalam Kemanusiaan. Yang Bukan Saudaramu Dalam Kemanusiaan Adalah Saudaramu Dalam Ciptaan”.
Semangat Persaudaraan merupakan salah satu Kabar Gembira yang bukan sekedar dimiliki namun juga dibagikan. Dan pada akhirnya nanti, kita harus mengakui bahwa sesungguhnya penerima Warta Sukacita ini adalah semesta, sebagaimana yang dituliskan dalam Markus 16:15  : “Lalu Ia berkata kepada mereka: ”Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk“.
Dengan kata lain, family spirit kita ini pun merupakan bagian dari misi kita untuk Gereja dan Dunia.

  1. Rm. Nelis, SSCC