Misa Pembukaan Program Kaul Kekal

 

Selasa (26/1/2021), Tiga Komunitas Skolastikat SSCC Yogyakarta merayakan Ekaristi bersama di Kapel Biara Griya Tyas Dalem, dengan menerapkan protokol kesehatan. Perayaan Ekaristi memperingati St Timotius dan St Titus ini dipimpin oleh Para Formator SSCC. Rektor Skolastikat, Romo Pankras, SSCC bertugas sebagai konselebran utama. Perayaan ini disiarkan secara live streaming melalui akun Facebook komunitas, GTD SSCC English Mass.

Perayaan Ekaristi ini sekaligus menandai dibukanya program kaul kekal bagi keenam Frater SSCC. Mereka akan mempersiapkan diri mengikrarkan kaul kekal sebagai Religius SSCC. Keenam frater tersebut adalah Fr. Karol, SSCC, Fr. Abel, SSCC, Fr. Hans, SSCC, Fr. Nellis, SSCC, Fr. Martono, SSCC dan Fr. Junaedi, SSCC. Mereka akan mengikuti program kaul kekal hingga bulan Desember 2021.

Dalam homilinya, Pastor Pankras mengajak semua yang mengikuti misa ini, untuk meniru ketaatan St Timotius dan St Titus pada panggilan Allah. Aspek fundamental dari panggilan ini adalah mengikuti Yesus secara total. Ini adalah kriteria menjadi pengikut Kristus. Jadi, sebagai pengikut Kristus, Yesus adalah pusat kehidupan kita. Karena Dialah yang memanggil kita. Dan di dalam Dia, kita menemukan segalanya.

Ia juga menyampaikan kepada keenam frater bahwa, saat kita masuk dalam Kongregasi SSCC, kita terpanggil untuk memandang Yesus sebagai pusat kehidupan kita. Ada banyak tantangan dalam mengikut Yesus. Dan dalam proses formasi, hal-hal material dapat mengganggu fokus kita. Dalam perjalanan hidup religius, Yesus harus menjadi fokus utama hidup religius kita.

Terakhir, ia mengingatkan bahwa sebagai Religius SSCC, identitas mereka ini terletak pada kehidupan rohani mereka. Adorasi dan Ekaristi adalah spiritualitas para religius SSCC. Jadi, sebagai Religius SSCC, mereka harus menghayati spiritualitas ini. Usai homili, keenam frater mengungkapkan niat dan komitmennya untuk mengikuti program ini sebagai persiapan untuk mengikrarkan kaul kekal sebagai Religius SSCC.

Ekaristi diakhiri dengan Adorasi bersama. Ekaristi dan Adorasi adalah aspek fundamental bagi seorang Religius SSCC. Ia akan bertemu dengan Yesus yang telah memanggilnya. Dan Yesus adalah pusat kehidupan religiusnya. Di dalam Yesus, kita menemukan segalanya.

                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *