Pada tanggal 2 Maret, 2024,  komunitas skolastikat mengadakan rekoleksi bulanan dengan tema Zelotisme: jalan pembaharuan hidup. Komunitas skolatikat menikmati momen ini dan mengarahkannya dalam gerakan refleksi ucapan syukur atas 100 tahun kehadiran kongregasi SSCC di Indonesia. Di dalam memperdalam refleksi akan makan “zelotisme”, Romo Provisial SSCC (Rm. Pankrasius Olak, SSCC) provinsi Indonesia turut ambil bagian sebagai narasumber. Kegiatan ini di buka secara umum dan menghendaki semangat “zelotisme” terbagi ke semua orang. Kegiatan-pun dilaksanakan secara daring. Kurang lebih, 59 partisipan hadir dengan semangat membara ambil bagian untuk memeriahkan acara. 59 partisipan ini terdiri dari, 1) Para Romo SSCC, 2) Para Suster, SSCC, 3) Bruder SSCC, 4) Para Frater SSCC, 5) Cabang Awam SSCC, 6) Postulan, 7) SSCC Youth Indonesia, 8) Dan umat Allah.

Melalui tuntunan Roh Kudus, Para peserta menghayati materi yang memberikan motus melimpah akan makna “zelotisme” secara etimologi, Biblis (zelotisme dari Yesus), akar zelotisme Bapa Pendiri, Zelotisme secara penuh dalam diri Bapa Pendiri, dan bagaimana zelotisme itu untuk hidup kita sekarang.

Secara keseluruhan, zelotisme hendak membangun kesadaran kita bahwa kita semua memiliki semangat yang berkobar-kobar (bersifat spiritualitas) dan sudah terbentuk dan hadir sedari masa kecil kita. Kita bisa menemukan akarnya dalam keluarga dan lingkungan kita. Hal ini kemudian disempurnakan melalui kehadiran Yesus sebagai pondasi utamanya. Injil Yohanes 2:12 – 25 membagikan semangat zeal Yesus melalui pengalamanya di Bait Suci. Kecintaannya akan kebenaran yang sungguh dan menghadapi realitas (zaman yang berkebang – berjualan di Bait Allah) membuat diri-Nya menjadi pengerak yang bergerak sejati (cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Ku). Demikian pula dalam diri Bapa Pendiri, semangat zeal diikuti dengan konteks, internal, mission yang menyertainya menjadi sempurna. Dengan realitas hidup kita sekarang, tidak bisa di-pungkiri bahwa kita membutuhkan semangat zeal seperti yang sudan wujud-nyatakan oleh Yesus dan Bapa Pendiri.

Dewan Rumah Skolatikat SSCC Yogyakarta 2023-2024